Faktor utama yang harus menjadi perhatian mereka yang bergolongan darah AB adalah produksi lendir yang berlebihan. Mereka mempunyai masalah dengan infeksi saluran napas, sinus, atau infeksi telinga. Mereka harus mengurangi makanan hasil olahan susu. Manfaat yang besar akan dirasakan jika mereka yang bergolongan darah AB banyak mengonsumsi beras dibandingkan dengan pasta. Meskipun demikian, mereka masih dapat mengonsumsi pasta semolia atau bayam, satu atau dua kali seminggu. Mereka yang bergolongan darah AB juga haws membatasi asupan bekatul dan benih gancium menjadi sekali seminggu. Selain itu, jagung juga harus dihindari.
Mereka yang bergolongan darah AB perlu membatasi porsi daging yang dimakan karena asam lambung yang dihasilkan tidak cukup efektif untuk mencerna terlalu banyak protein hewani. Kuncinya adalah makan daging dalam porsi kecil tapi sering. Lebih baik mengonsumsi daging anak domba, domba dewasa, kelinci, dan kalkun dari pada daging sapi.
Hindari mengosumsi daging ayam karena mengandung lektin yang akan mengganggu sistem pencernaan golongan darah ini. Untuk makanan hasil laut banyak sekali jenis yang dapat dikonsumsi, dan sebaiknya itu menjadi menu utama pada pola makan mereka yang bergolongan darah AB, misalnya ikan tuna, bawal, salem, atau sarden.
Mereka yang bergolongan darah AB dan memiliki riwayat jenis penyakit keluarga berupa kanker payudara, bisa memasukkan menu keong Helix pomatia. Keong ini mengandung suatu lektin kuat khusus yang berfungsi menggumpalkan sel-sel yang menyerupai sel golongan darah A yang mengalami mutasi, terutama pada bentuk paling umum, yaitu kanker payudara. Ini adalah bentuk penggumpalan yang positif yaitu lektin yang dihasilkan keong akan mematikan sel-sel yang sakit.
Sementara itu, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan dilema bagi mereka yang bergolongan darah AB. Kacang lentil terkenal mengandung antioksidan yang dapat melawan kanker. Di lain pihak, kacang lima dan kacang kidney menurunkan produksi insulin pada mereka yang bergolongan darah ini. Makanlah kacang-kacangan dan biji-bijian dalam jumlah sedikit saja dan dengan hati-hati. Meskipun dapat menjadi sumber protein penunjang yang baik, semua biji-bijian mengandung lektin yang dapat menghambat insulin, sehingga dapat menjadi masalah bagi mereka yang bergolongan darah ini. Agar aman, konsumsilah kacang tanah.
Sayuran segar merupakan sumber penting fitokimia, yakni suatu zat alami dalam makanan yang dapat mencegah penyakit jantung dan penyakit kanker. Kedua penyakit ini sering menyerang mereka yang bergolongan darah AB sebagai akibat lemahnya sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu mereka yang bergolongan darah AB harus banyak mengosumsi sayuran segar dalam pola makannya.
Buah-buahan yang dikonsumsi mereka yang bergolongan darah AB harus lebih diarahkan pada buah-buahan yang bersifat basa, seperti anggur, plum, dan beri. Jeruk lemon sangat bagus untuk golongan darah ini karena membantu membersihkan lender dari saluran cerna. Karena vitamin C adalah antioksidan penting, khususnya untuk mencegah kanker lambung, makanlah buah-buahan kaya vitamin C seperti jeruk keprok atau kiwi. Anggur merah juga bagus untuk mereka yang bergolongan darah AB karena memberikan efek yang positif terhadap jantung dan pembuluh darah. Minum satu gelas jus anggur merah setiap hari dipercaya dapat menurunkan risiko jantung baik pria maupun wanita.
Lektin pada pisang akan mengganggu pencernaan mereka yang bergolongan darah AB, untuk itu hindari buah ini. Disarankan untuk menggantinya dengan buah-buahan kaya kaliurn lainnya, seperti aprikot, fig, dan melon. Perasan jus lemon (1/2 lemon) yang dicampurkan dengan segelas air hangat yang diminurn setiap pagi hari, dapat membersihkan dan menghilangkan lendir yang terbentuk selama tidur. Air lemon juga membantu proses pengeluaran kotoran dan tubuh. Kemudiaan dilanjutkan dengan meminum jeruk keprok yang dilarutkan dalam satu gelas air atau jus pepaya. Utamakan jus buah-buahan yang bersifat basa, seperti ceri hitam, kranberi, atau anggur.
Mereka yang bergolongan darah AB mengonsumsi garam laut dan kerap sebagai pengganti garam karena kandungan natriumnya yang rendah. Selain itu, kelp memberi manfaat yang sangat baik bagi jantung dan sistem kekebalan tubuh. Kerap juga berguna untuk mengatur berat badan. Hindari semua jenis merica dan cuka karena bersifat asam. Sebagai pengganti cuka, lebih baik mengonsumsi jus lemon, dan tanaman obat sebagai bumbu sayuran atau salad. Dan jangan takut menggunakan banyak bawang putih. Bawang putih merupakan tonikum dan antihiotika alami yang kuat, khususnya bagi mereka yang bergolongan darah AB.
Mereka yang bergolongan darah AB diperbolehkan mengonsumsi cokelat dan gula dalam jumlah sedikit. Gunakan cokelat dan gula sebagai penyedap rasa. Mereka yang bergolongan darah ini harus menghindari semua jenis acar karena asam lambung yang kurang efektif sehingga rentan terhadap kanker lambung. Hindari juga saus yang mengandung cuka dan saus yang mengandung sirup jagung.
Teh hijau memberikan manfaat yang sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh. Produk susu, khususnya yang difermentasi dan diasamkan, seperti butter milk, yoghurt, kefir dan krim tawar juga memberikan manfaat yang baik bagi golongan darah ini, karena mudah dicerna. Tanaman obat jombang, dan teh daun stroheri membantu penyerapan hesi dan mencegah anemia.
Mereka yang bergolongan darah AB juga harus mengonsumsi teh herbal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit jantung, pembuluh darah, dan penyakit kanker. Tanaman that seperti alfalfa, lidah buaya, kamomil, dan echinacea merupakan penguat sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, akar kayu manis sangat dianjurkan untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah Minuman yang mengandung ginseng dan rosela juga sangat baik untuk meningkatkan stamina mereka yang bergolongan darah AB.
Secara umum, mereka yang bergolongan darah AB dapat menerima sereal dengan baik, meskipun harus membatasi konsumsi gandum, khususnya bagi mereka yang mempunyai kondisi lendir yang banyak akihat asma atau sering infeksi. Oatmeal, soy flake, millet, dan bergs merupakan pilihan yang baik bagi golongan darah ini. Mereka yang bergolongan darah AB disarankan menggunakan minyak zaitun daripada minyak lemak hewan, lemak sayur, atau minyak sayur yang lainnya. Minyak zaitun adalah asam lemak tak jenuh yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol.
Penggunaan suplemen dan vitamin untuk mereka yang bergolongan darah AB bertujuan meningkatkan kekuatan dan sebagai pelindung dari segala kelemahan Anda. Sasarannya adalah meningkatkan kekebalan tubuh, menyediakan antioksidan untuk melawan kanker, dan menguatkan jantung.
Makanan mereka yang bergolongan darah AB sudah banyak mengandung vitamin A, vitamin B 12, niasin, dan vitamin E. Makanan-makanan tersebut akan menyediakan asupan nutrisi untuk mencegah penyakit jantung dan kanker. Oleh karena itu, mereka yanag bergolongan darah AB dianjurkan hanya mengonsumsi suplemen berdasarkan alasan tertentu saja, karena pada dasarnya mereka yang bergolongan darah AB tidak membutuhkan suplemen dalam pola makannya.
Pemberian suplemen seng dalam dosis kecil (3mg/hari) kepada anak-anak bergolongan darah AB dapat memberikan perlindungan dari infeksi, terutama infeksi telinga. Namun demikian, suplemen seng seperti pedang bermata dua. Pada pemakaian berkala dengan dosis kecil akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sedangkan pada pemakaian jangka panjang dan dosis besar akan menekan sistem kekebalan tubuh dan mengganggu penyerapan berbagai mineral lain.Karena itu, berhati-hatilah mengonsumsi seng. Banyak suplemen seng yang beredar di pasaran, tetapi Anda tidak boleh mengonsumsinya tanpa petunjuk dokter.
Selain itu, karena banyaknya kasus kanker lambung pada golongan darah AB, disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C untuk mendapatkan manfaatnya sebagai antioksidan yang dapat melawan kanker. Namun, tidak berarti hams minum dengan dosis besar. Vitamin C dosis besar (1.000 mg ke atas) tidak memberikan manfaat yang baik untuk golongan darah ini karena akan mengganggu lambung. Minumlah suplemen 2-4 kapsul sehari, masing-masing 250 mg. Lebih disarankan suplemen vitamin C yang berasal dari rose hip, karena tidak akan menimbulkan gangguan pencernaan.