Buah sirsak adalah jenis buah-buahan yang awalnya tumbuh liar di Amerika Selatan, Bermuda, Meksiko, Peru, Argentina dan Bahama. Namun, sekarang kita dapat dengan mudah menemukannya di supermarket atau pasar-pasar tradisional. Jadi, apa yang membuat sirsak begitu populer sekarang? Rupanya, kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam buah sirsak terbukti berkhasiat untuk menyeinbanhkan kondisi kesehatah tubuh dan dapat membantu dalam proses penyembuhan berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kanker. Berikut adalah beberapa sifat yang menakjubkan buah sirsak:
1. Serat
Buah sirsak mengandung banyak serat untuk memfasilitasi proses pencernaan dan buang air besar, dan dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Selain itu, sirsak juga dapat membantu anda mengontrol kendali nafsu makan dan berat badan anda. Ini sangat bagus untuk orang yang memiliki masalah berat badan yang berlebih, dapat mendukung dan membantu proses program diet anda untuk menurunkan berat badan.
2. Karbohidrat
Secangkir sirsak mengandung hampir 38 g karbohidrat, yang merupakan sumber energi utama tubuh. Asupan karbohidrat harian harus mencapai 45-65 persen kalori tubuh, yang merupakan 225-325 g per hari untuk diet kalori 2.000. Selain itu, jenis karbohidrat yang terkandung dalam buah ini lebih sehat darip ada yang ditemukan dalam soda atau kue karena mereka dapat memicu peningkatan kadar gula darah. Sehingga cukup aman untuk terhindar dari resiko diabetes bila mengkonsumsinya secara terus-menerus.
3. Kalium
Sirsak adalah makanan sehat yang dapat meningkatkan asupan kalium untuk tubuh anda. Kalium sangat penting bagi tubuh karena membantu otot, kontraksi tulang, pencernaan dan mengatur tingkat tekanan darah menjadi stabil dan kondisi tubuh lebih sehat.
4. Vitamin C
Buah sirsak ini sangat kaya vitamin C. Perempuan harus memenuhi asupan 75 mg vitamin C per hari, sementara pria adalah sekitar 90 mg per hari. Vitamin C memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan penyakit, termasuk kerusakan kulit dan menyembuhkan luka. Selain itu, vitamin C juga dianggap sebagai antioksidan yang bisa menangkal efek berbahaya radikal bebas dan zat adiktif lainnya yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita.
5. Air
Secangkir sirsak mengandung hampir 183 g air. Kebanyakan orang perlu 8-9 gelas air setiap hari. Buah-buahan dengan kadar air tinggi, termasuk sirsak, dapat membantu mencegah terjadinya tingkat dehidrasi dalam tubuh.
Inilah beberapa kandungan buah sirsak yang luar biasa dapat memberi manfaat besar terhadap kestabilan kondisi kesehatan tubuh kita. Anda dapat mengkonsumsinya langsung atau dapat mengolahnya terlebih dahulu dengan menbuat jenis makanan olahan ber bahan dasar utama buah sirsak seperti jus dan lain sebagainya untuk dapat menikmatinya.